Monday, May 7, 2012

Sejarah Stand Up Comedy



Sebelum membahas Stand UP Comedy tentu kita harus mengerti apa artiny dan bagaimana sejarahnya..
Stand UP Comedy adalah bentuk dari seni komedi atau melawak yang dipertunjukan kepada penonton secara lansung dengan seorang komedian di atas panggung sebagai komunikatornya.
Sejarah nya dimulai sekitar abad 18 di Amerika dan Eropa.
Pelaku Stand UP Comedy ini biasa disebut Stand UP Comic atau Comic.
Para comic biasanya memberi beragam cerita humor,lelucon,sindiran,cerita pendek ataupun kritik
tentang hal-hal yang sudah menjadi hal yang umum di masyarakat dengan sajian gerakan yang ekspresif
dan gaya bicara yang relatif cepat.
Awalnya Stand UP Comedy dimulai oleh Thomas Dartmouth"Daddy" Rice dalam acara teater yang bernama "The Minstrel Show.


minstrel show
The Minstrel Show


Acara ini memulai kiprahnya tepat sebelum perang saudara di Amerika Serikat.
Meskipun lwakannya maih bersifat simple tapi mengundang animo dari banyak orang.
Di zaman ini lawakan sangat kental dengan Rasisme terutama dengan mengejek2 orang berkulit hitam.
Pada saat itu mic belum lahir para comic melucu dengan cara Slaptick atau yang lebih dikenal dengan Phsycal joke meskipun begitu acara ini mampu bertahan hingga memasuki abad 20.

Seiring perkembangan waktu acara ini samakin menjurus ke arah teater musikal bertema komedi pada segmen pertam.pada segmen kedua ada sebuah acara yang disebut THE OLIO  yang dibawakan oleh sebuah grup yang berjumlah 2 orang bernama "the endmen"  yang membacakan pidato yang menyindir para politisi atau hanya sekedar membahas kehidupan sehari2.Dari sinilah berwal Stand UP Comedy.

Di saat acara "The Minsrel Show" mulai redup lahirlah sebuah teater yang bernama "Vaudeville".
Acara ini sendiri memiliki format tampilan yang hampir sama dengan "The Minsrel Show" tapi di sini sudah merata ke hampir semua entertainment.seperti komedi,musik,sulap,dll.
Perbadaan yang mencolok ialah acara baru ini para pelawaknya melakukan one man show meskipun sering menggunakan Slapstick karena memang pada saat itu balum ada MIC yang bisa membuat penonton mendengar apa yang diucapkan para comic.


Vaudeville
Dan pada saat itu muncul suatu acara ynag menyaingi Vaudeville yaitu Burlesque..
perbadaan 2 acara ini adlah Vaudeville lebih condong ke kalangan menengah keatas sedangkan Burlesque lebih condong ke kalangan menengah kebawah.Burlesque sendiri mengadopsi segmen The Olio milik Minstrel show yang mana pelawaknya menggunakan monolog dan pidato sebagai bentuk lawakan mereka, dengan setting panggungnya yang kecil dan lebih akrab dan bersahabat kapada penonton.

Seiring berkembangnya teknologi ditemukan lah MIC, Vadeville pun kembali berjaya dengan comic Will Rogers yang mana menjadi salah satu comc politcal Stand-up pertama.
seiring ditemukannya TV dan radio. Stand UP Comedy malah seakin tenggelam karena orang saat itu lebih senag acara musik live dan night club.dan setelah itu 2 acara ini mengalami kemunduran dan hanya menjadi kafe biasa.

Akan tetapi tidak semua comic menyerah ada beberapa yang mulai melakukan komedi tunggal dengan format Stand-up melalui cafe-cafe dan sejenisnya.dan akhirnya beberapa stasiun TV membuat acara   Stand UP Comedy seperti , "The Ed Sullivan Show" "The Tonight Show".
hingga pada tahun 1959 lahirlah acara ""The Steve Allen Show" yang menampilan seorang comic bernama  Lenny Bruce.
The Steve Allen Show
 George carlin yang pada masa nya juga menjadi komedian terbesar dan yang paling terkenal memang terinspirasi dari sosok Lenny Bruce yang akhirnya membuat George Carlin bertekad menjadi seorang pelawak dan pada akhirnya George Carlin pun bisa menjadi terkenal.
george carlin
setelah sekian panjang proses akhirnya Stand Up Comedy menjadi terkenal..


Untuk sejarah Stand Up Comedy di Indonesia sendiri diawali oleh sosok alm Taufik Savalas melalui acara Comedy Cafe dan juga acara Ramon Papana sebagai pemilik Comedy Cafe.tetapi kurang mendapat respon dari masyarakat indonesia.
Setelah itu usaha terus dilanjutkan oleh Iwel wel yang mengisi acara jayus Plis Dong Ah dan acara Bincang Bintang yang memang acara tsb di design untuk Stand Up Comedy oleh mas Indra Yudhistira.
Dan sekarang Stand Up Comedy kembali mencuat di dunia entertainment Indonesia dimana pada saat 
sekarang ini Stand Up Comedy di Indonesia diangkat oleh seorang Raditya Dika,Panji Pragiwaksono.Dan Sekarang banyak sekali komik2 lain seperti
mongol,cak lontong,Semi,Abdel dan masih banyak lagi..

0 comments:

Post a Comment

Followers